5 Jenis Kacang Yang Sehat Untuk diKonsumsi Tubuh

Oleh Rangga Wijaya • Di update pada April 02, 2019
Cuitan Wanita - Siapa yang tidak jenis tanaman kacang - kacangan yang ada di kehidupan sehari - hari kita. Salah satunya yang sering di lihat dan dikonsumsi adalah kacang tanah, kacang panjang, kacang polong dan beberapa jenis kacang lainnya.


Ada sebuah mitos jika kita mengkonsumsi kacang tanah misalnya kita akan banyak tumbuh jerawat. Sebenarnya itu hanyalah mitos di kehidupan sehari - hari kita saja. Nyatanya kacang- kacangan itu banyak mengandung serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, protein, berbagai vitamin dan mineral. Bahkan ada beberapa kacang yang sehat jika kita mengkonsumsinya sebagai camilan ataupun jenis makanan yang lainnya.

5 Jenis Kacang yang Sehat Untuk diKonsumsi Tubuh

Terima kasih sahabat cuitan wanita karena telah mengunjungi blog yang masih seumur jagung ini. Semoga kita bisa sama - sama membangun blog ini menjadi blog yang besar dan memberikan manfaat bagi semua orang. Teman - teman bisa share artikel ini supaya lebih memberikan manfaat bagi semua orang.

1. Kacang Tanah

sumber : pixabay
Jenis tanaman kacang yang baik untuk dikonsumsi yang pertama adalah kacang tanah. Ada yang berkata bahwa mengkonsumsi kacang akan menyebabkan jerawatan atau menyebabkan gemuk karena mengandung banyak lemak. Apakah hal tersebut benar? Ternyata hal tersebut salah, menurut Hello Sehat, kacang tanah baik untuk dikonsumsi dan uniknya kacang - kacangan ini baik untuk yang sedang diet. Kok bisa begitu Cuitan Wanita?? Ternyata kacang tanah adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, protein dan vitamin B.

Ada sebuah pembahasan di Healthline bahwa wanita yang tadinya memiliki kolesterol tinggi mengalami penurunan ketika sudah mengkonsumsi kacang tanah ini. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang tanah dalam bentuk olahan ya sahabat Cuitan Wanita.

2. Kacang Polong

sumber : pixabay
Kacang polong adalah jenis kacang kedua yang bagus untuk dikonsumsi bagi kesehatan kita sahabat. Kacang jenis ini kaya akan serat dan tentu saja serat merupakan komponen yang bagus untuk tubuh kita terutama pencernaan. Hal ini tentu saja akan memperlancar buang air besar dengan konsumsi makanan yang mengandung serat.

3. Hazelnut

sumber : pixabay
Kali ini kita akan membahas tentang hazelnut yaitu kacang yang mengandung antioksidan yang tinggi dan lemak sehat.  Hazelnut ini akan membantu menormalkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sesorang yang mengkonsumsi hazelnut (menggunakan kulit atau yang telah dikupas kulitnya) maka kadar stress oksidatif  akan menurun dengan tajam. Antioksidan yang terkandung pada hazelnut ini ternyata banyak terkandung di kulitnya, jadi konsumsilah hazelnut bersama dengan kulitnya.

4. Kacang Almond

sumber : pixabay
Nama kacang Almond pastinya sudah banyak yang kenal dong ya. Ada di salah satu jenis es krim yang pasti semua orang suka. Kacang almond ini paling tinggi mengandung serat dibandingkan jenis kacang - kacangan yang lain. Selain serat, kacang almond mengandung vitamin E dan magnesium.

Karena mengandung magnesium maka dari itu kacang almond berguna untuk melancarkan aliran darah, mengontrol distribusi oksigen ke jantung dan seluruh organ tubuh yang lainnya.

5. Kacang Mete

sumber : pixabay
Jenis kacang yang kelima ini adalah kacang mete. Menurut idntimes, kandungan lemak tak jenus yang terkandung di dalam kacang mete adalah 75%. Kandungan ini dapat digunakan untuk menurunkan berat badan kita sahabat cuitan wanita. Nah berarti kacang mete ini bisa dong ya untuk diet. Wah bener banget, kacang mete ini memang baik untuk diet. Selain kandungan tersebut, kacang mete dikenal sebagai kacang yang kaya akan kandungan serat dalam jumlah yang tinggi.

Kelima kacang telah kita sebutkan di atas bisa dikonsumsi dengan takaran yang wajar dan jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Terima kasih sahabat cuitan wanita karena telah mengunjungi blog yang masih seumur jagung ini. Semoga kita bisa sama - sama membangun blog ini menjadi blog yang besar dan memberikan manfaat bagi semua orang. Teman - teman bisa share artikel ini supaya lebih memberikan manfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment