5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Oleh Rangga Wijaya • Di update pada March 10, 2019
Buah alpukat atau yang mempunyai nama latin "Persea americana" merupakan buah yang berasal Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia termasuk di Indonesia.


Untuk tanaman alpukat ini memiliki batang mencapai tinggi 20 m, daun sepanjang 12 s/d 25 cm. Apakah tanaman ini memiliki bunga? Tentu saja sahabat jika tidak memiliki bunga, bagaimana alpukat bisa berbuah hehehe. Bunga tanama alpukatini tersembunyi karena warna yang berwarna hijau kekuningan sehingga tersamar jika kita tidak memperhatikannya. Untuk ukuran bunganya sendiri 5 s/d 10 milimeter. Untuk ukurannya buahnya bervariasi dari massa 100 s/d 1000 gram. Bagaimana dengan bijinya? Biji yang dimiliki alpukat antara 5 s/d 6,4 cm.

7 Nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat


1. Protein 

Alpukat memiliki kandungan nutrisi dan salah satunya adalah protein. Buah ini memiliki semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 18 asam amino esensial. Protein yang terkandung di dalam buah alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh dan yang palin penting adalah alpukat mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh.

2. Natrium (Sodium) dan kolesterol 

Kandungan Natrium (Sodium) dan kolesterol bisa dikatakan sangat kecil dalam 1 porsi buah alpukat sehingga pilihan yang baik bagi orang-orang yang diet rendah karbohidrat.

3. Vitamin dan Mineral 

Vitamin yang terkandung di dalam buah alpukat adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6 dan Vitamin K. Mineral yang terkandung antara lain Folat, Kalium dan Zat Besi. Buah Alpukat sekurang - kurangnya mengandung hampir 20 vitamin dan mineral, walaupun hanya dalam jumlah kecil karena hanya memasok sekitar 10% untuk kebutuhan harian dalam setiap porsinya.

4. Lutein 

Lutein merupakan senyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami. Yang harus sahabat ketahui bahwa dalam 1 buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang dapat membantu kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula mata karena usia.

5.  Karotenoid

Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat, juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid tidak hanya seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin. Mengonsumsi makanan yang kaya karotenoid, tubuh kamu akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

6. Anti-inflamasi 

Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-peradangan. Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik. 

7. Lemak 

Unsur nutrisi yang satu ini terkadang membuat orang menghindarinya tapi hal ini tidak terjadi di buah alpukat, mengapa? Karena alpukat mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

Manfaat buah alpukat yang wajib kita ketahui


1. Manfaat buah alpukat untuk wajah yang sehat

Selain enak dimakan dan sehat, buah alpukat bisa juga membuat sehat wajah kita. Buah alpukat bisa digunakan untuk masker wajah sehingga bisa mengikis kulit mati dan membuat kulit kita menjadi cerah. Terpapar sinar UV secara langsung juga bisa membuat wajah kita bisa membahayakan kesehatan kita termasuk wajah karena terkena radikal bebas dari sinar UV, kandungan Vitamin C dan Falvonoid ini yang menjaga wajah kita. Hal yang lain lagi adalah mencegah penuaan dini karena adanya kandungan kolagen dan sterolins di dalam buah alpukat.

2. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Karena kaya akan kandungan asam folat dan lemak. Asam folat menjadi kunci di masa - masa kehamilan. Menurut para ahli, asam folat menurunkan resiko cacat lahir. Lemak yang terkandung pada buah alpukat berguna untuk mendukung perkembangan otak janin karena lemak yang terkandung di dalam buah alpukat itu adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati alami.

3. Manfaat buah alpukat untuk diet

Alpukat adalah buah yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, kalium, dan vitamin K. Kandungan nutrisi ini bisa membuat buah alpukat dijadikan makanan untuk diet. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita melakukan diet dengan buah alpukat? Buah alpukat bisa dimakan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan untuk cemilan. Nah buat ini bisa juga disajikan dengan mengkombinasikan denga bahan yang lain seperti roti dan sayuran. Selain dimakan, kita bisa membuatnya menjadi bentuk jus atau smoothie.

4. Manfaat buah alpukat untuk kolesterol

Buah alpukat bagus dikonsumsi oleh orang yang mempunyai kolesterol tinggi karena buah alpukat mengandung asam lemak yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses penyembuhan dengan maksimal. Walaupun buah alpukat terkandung lemak yang tinggi tetapi jenis lemak tersebut tergolong dalam lemak yang baik untuk kesehatan.

5. Manfaat buah alpukat untuk lambung

Di dalam buah alpukat terkandung berbagai vitamin yang baik seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E yang sangat baik untuk mengatasi penyakit asam lambung. Apa tugas dari vitamin - vitamin ini? Vitamin bertugas untuk membantu untuk mempercepat penyembuhan luka yang ada di dalam dinding lambung.

Ternyata banyak ya sahabat cuitan wanita untuk kandungan dan manfaat dari buah alpukat ini yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Semoga pengetahuan kita bertambah ya sahabat cuitan wanita dan kita sama - sama belajar.

Terima kasih sahabat cuitan wanita karena telah mengunjungi blog yang masih seumur jagung ini. Semoga kita bisa sama - sama membangun blog ini menjadi blog yang besar dan memberikan manfaat bagi semua orang. Teman - teman bisa share artikel ini supaya lebih memberikan manfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment