6 Manfaat Wortel Yang Wajib diketahui Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Oleh Rangga Wijaya • Di update pada February 16, 2019
Cuitan Wanita - Setiap tumbuhan yang ada di muka bumi ini memiliki khasiatnya masing, seperti yang kita telah bahas tentang khasiat buah strawberry yang wajib kita ketahui. Betapa Tuhan menciptakan semua tumbuh - tumbuhan yang ada di bumi ini.

Artikel kita kali ini berhubungan dengan tanaman wortel, bagaimana tumbuhan yang di sukai oleh bugs bunny ini memberi manfaat bagi kesehatan manusia? Terus terang warna untuk wortel ini menarik untuk dilihat, yaitu warna orange. Di dalam sebuah wortel, kita bisa menemukan banyak kandungan seperti yang kita kutip dari wikipedia seperti vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Betapa lengkapnya kandungan dari sayur ini ya sahabat cuitan wanita.

Kita akan bahas setidaknya ada 6 manfaat dari wortel untuk tubuh kita yang wajib kita ketahui sahabat cuitan wanita.

1. Menjaga kesehatan jantung

Wortel selain menyehatkan mata dengan kandungan vitamin A nya ternyata bisa berguna untuk menyehatkan jantung kita. Apa yang membuatnya bisa begini? Ternyata di dalam sebuah wortel itu mengandung beta karoten selain dari vitamin A dan zat - zat yang lain. Beta Karoten ini mampu melindungi kita dari penyakit jantung. Berapa persen itu bisa mencegah? Beta Karoten bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 32%.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Wortel akan dibangkitkan fungsi lainnya jika dicampur dengan ketumbar dan ini akan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Campuran dari ketumbar dan wortel dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhkan tubuh manusia dari infeksi benda asing yang disebabkan oleh virus.

3. Mengurangi resiko kanker

Manfaat yang ketiga ini harus sangat - sangat disimak ya teman - teman. Apa yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi wortel secara rutin? Ya selain menyehatkan mata, meningkatkan kekeba;an tubuh, wortel juga bisa mengurangi resiko kanker. Kami rasa ini adalah bagian dari meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kanker apa saja yang bisa dikurangi saat kita rutin mengkonsumsi wortel? Kanker - kanker itu adalah kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Mengapa wortel bisa melakukannya? Di dalam wortel terdapat kandungan karotenoid dan beta karoten yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya semua penyakit tersebut.

Ada sebuah penelitian yang telah dilakukan terhadap para perokok menggunakan wortel. Apakah itu? Ya dengan mengkonsumsi secara rutin sayur wortel ini, para perokok tersebut bisa diturunkan terhadap resiko kanker paru - paru.

4. Menyehatkan mata 

Ini adalah hal yang menjadi legenda untuk buah wortel yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Lalu bagaimana sebuah wortel bisa menyehatkan mata manusia? Di dalam sebuah wortel itu mengandung Vitamin A, beta karoten, dan lutein. Kita bisa membayangkan bahwa jika kita mengkonsumsi wortel secara teratur dan rutin maka wortel akan membantu kita untuk mencegah mata dari gangguan penyakit, seperti kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi), katarak dan glaukoma. Khasiat yang legenda ini muncul di nomor empat ya sahabat, ini supaya sahabat penasaran, kok fungsi sebagai penyehat mata tidak muncul di tulisan ini? hehehe....

5. Melawan radikal bebas terhadap tubuh kita 

Berat sepertinya bahas tentang radikal bebas ya sahabat tapi ya begitulah wortel memang sayur yang mengandung banyak kandungan zat - zat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Wortel mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sayur yang  berwarna orannge ini bisa berfungsi sebagai sesuatu yang bisa digunakan untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

6. Membuat kulit menjadi cantik

Wah ini adalah yang membuat bahagia para wanita sahabat cuitan wanita. Mengapa? Wortel adalah sayuran ajaib yang serba bisa ya. Untuk kesehatan bisa, untuk menangkal radikal bebas bisa. Untuk kecantikan? Ini juga bisa. Sebenarnya kecantikan adalah bonus dari hidup sehat kita yang tercipta dari mengkonsumsi wortel secara rutin. Seperti yang kita tahu tentang kandungan seperti vitamin A dan senyawa lainnya bisa membuat kecantikan terhadap kulit terutama kandungan beta-karoten dan lycopene yang terdapat di dalamnya. Kedua senaya ini bisa membuat kulit mendapatkan rona kemerahan yang memandakan bahwa kulit kita sehat.

Setelah kita tahu 6 manfaat dari wortel, apakah masih mau menjauhkan diri dari sayur yang satu ini? Jangan dinilai dari rasanya tapi dari segi manfaatnya.

Terima kasih sahabat cuitan wanita karena telah mengunjungi blog yang masih seumur jagung ini. Semoga kita bisa sama - sama membangun blog ini menjadi blog yang besar dan memberikan manfaat bagi semua orang. Teman - teman bisa share artikel ini supaya lebih memberikan manfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment