8 Khasiat Madu Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita Ketahui

Oleh Rangga Wijaya • Di update pada May 06, 2019
cuitan wanita - Sejak jaman dahulu kala manusia telah mengena madu dan memanfaatkannya untuk kesehatan. Rasa manis madu bisa dijadikan alternatif pengganti gula jika kita bisa mengkonsumsi minuman seperti teh atau pun air putih hangat yang dicampur madu. Mengapa madu dijadikan alternatif pengganti gula? Karena cairan madu yang kental dan manis ini ternyata lebih bagus daripada gula. Apakah anda siap akan meninggalkan gula dari kehidupan anda?


Berapa kalori yang terkandung dalam 1 sendok madu? Ternyata sahabat, dalam 1 sendok madu terkandung 64 kalori. Kalori gula ini mampu menyerap lemak dengan baik dalam tubuh kita jika kita rajin mengkonsumsi madu dengan air hangat. Jadi sahabat bisa mencampur madu ini dengan dengan air hangat jika ingin sehat. Selain kalori yang bagus, madu mengandung vitamin dan mineral yang terambil dari nektar bunga ketika lebah menghisapnya.

Selain vitamin dan madu, madu mengandung antibiotik alami dan tanpa efek samping jika dikonsumsi. Madu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengeluarkan efek radikan bebas dari tubuh manusia.

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

1. Bisa digunakan untuk menyembuhkan luka

Manfaat yang pertama ini madu kita gunakan sebagai penyembuh luka. Luka apa saja yang bisa kita sembuhkan menggunakan madu? Jenis luka yang bia ditangani dengan manggunakan madu adalah luka biasa ataupun luka bakar. Kandungan yang terdapat di dalam madu seperti sulfadiazin perak, gula sederhana dan antibakteri berperan penting dalam penyembuhan luka. Ternyata gabungan kandungan madu ini bisa mempercepatan pengeringan luka yang sedang terjadi pada kita (kecuali luka dihati ya sahabat.... hahaha... bercanda ding...).

2. Bisa digunakan untuk mengontrol berat badan

Berdasarkan sebuah hasil studi yang telah dilakukan oleh Universitas San Diego State bahwa seseorang yang mengkonsumsi madu dengan maksud untuk menggantikan gula biasa tidak hanya dapat mengontrol berat badannya. Lalu hal lain selain berat badan apa yang bisa di kontrol? Ternyata kadar gula darah pun dapat dikontrol dengan menggunakan madu. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena di dalam madu terkandung trigliserida yang lebih sedikit dibandingkan gula pasir biasa.

Ada sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Wyoming. Apa hasil dari penelitian tersebut? Ternyata madu asli bisa mengontrol nafsu makan sesorang. Bagaimana cara kerjanya? Jadi madu asli melakukan fungsi untuk mengaktifkan hormon penekan nafsu makan. Wah ini bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal, sahabat.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Khasiat berikutnya adalah untuk memperkuat daya tahan atau kekebalan tubuh kita. Ada sebuah penelitian dari School of Medicine, Cardiff University, Inggris yang menyatakan bahwa sebuah jenis madu manuka yang berasal dari Australia mampu merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

4. Mengatasi alergi terhadap serbuk sari

Alergi serbu sari ini memang menggangu ketika kita sedang berada di antara bunga - bunga yang indah. Mengapa? Kita tidak dapat menikmati keindahan bunga - bunga yang sedang mekar. Madu dikenal berasal dari sari - sari bunga yang di ambil oleh lebah dan mengandung serbuk sari. Madu dipercaya bisa menghindarkan kita dari alergi serbuk sari. 

5. Sumber energi bagi tubuh

Menurut penelitian dari University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laboratory bahwa madu bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik. Mengapa demikian? Karena madu asli mengandung 80% gula alami, 18% air, 2% protein, pollen dan berbagai macam vitamin serta mineral. Kandungan - kandungan inilah yang menjadikan sebagai sumber karbohodrat dan energi serta mudah untuk diserap tubuh.

6. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Gula putih biasa selalu menjadi momok yang menakutkan untuk penderita diabetes. Hal ini tidak menakutkan ketika penderita diabetes mengkonsumsi manis dari madu alami. Dengan mengkonsumsi madu asli akan mengurangi resiko diabetes. Madu juga digunakan untuk pengibatan penderita diabetes.

7. Mempertajam daya ingat

Lupa merupakan suatu kejala kehilangan ingatan secara singkat atau loss time memory. Kejadian ini sering menerpa orang yang sudah lanjut usia tapi tidak menutup kemungkinan orang - orang yang masih muda. Dengan mengkonsumi madu asli, kita bisa mengurangi resiko lupa karena madu mampu mempertajam daya ingat. Mengapa? Karena kandungan antioksidan yang dimiliki oleh madu mampu menyehatkan sel - sel otak dan sistem saraf manusia.

8. Sebagai obat batu dan sakit tenggorokan alami 

Untuk fungsi yang terakhir ini, madu asli bisa kita gunakan sebagai pengganti obat batuk pabrikan atau bisa kita sebut sebagai obat batuk alami. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 105 anak - anak dengan mengkonsumsi madu soba. 1 dosis madu soba sama dengan 1 dosis dextromethorphan  yang berfungsi meredakan batuk pada malam hari serta membuat tidur lebih nyenyak. Menurut honestdocs, madu bisa di konsumsi 1/2 s.d 2 sendok sebelum tidur.

Nah sahabat, itulah 8 khasiat madu bagi kesehatan yang wajib kita ketahui dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari untuk didapatkan manfaatnya.

Terima kasih sahabat cuitan wanita karena telah mengunjungi blog yang masih seumur jagung ini. Semoga kita bisa sama - sama membangun blog ini menjadi blog yang besar dan memberikan manfaat bagi semua orang. Teman - teman bisa share artikel ini supaya lebih memberikan manfaat bagi semua orang.

2 comments: