8 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Hidup Kita

Oleh Rangga Wijaya • Di update pada April 30, 2019
Cuitan Wanita - Vitamin C berguna untuk memberikan asupan yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap musim yang berganti dengan ekstrim. Apakah buah yang dapat kita andalkan untuk sumber vitamin C secara alami? Ya teman - teman jawabannya adalah buah jeruk. Buah jeruk itu kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan dari infeksi dan flu.

Selain yang disebutkan di atas, ternyata jeruk mengandung phytochemicals yang dapat berguna untuk melawan penyebab kanker. Ternyata tidak terlalu membutuhkan harga yang mahal untuk mendapatkan buah yang banyak mengandung banyak manfaat. Dengan harga Rp 13.000,- kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah jeruk ini sahabat cuitan wanita.


Berdasarkan yang kami kutip dari Republika, buah jeruk selain dikenal sebagai buah yang segar dan dapat menghilangkan sariawan, ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Hal ini didukung oleh pernyataan seorang ahli gizi dari San Diego, Laura Flores yang mengatakab bahwa buah jeruk adalah buah yang dapat membantu menambahkan gizi makanan karena buah jeruk mempunyai 85 kalori namun sama sekali tidak mengandung lemak dan kolestrol.

Menurut yang kami kutip dari halodoc, ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah jeruk yang wajib kita ketahui dan menurut para ahli, buah ini memiliki manfaat yang banyak dari menurunkan kolesterol hingga mengontrol tekanan darah yang sering diderita oleh orang kebanyakan. Apakah sudah banyak yang tahu tentang hal ini? Atau hanya menjadi berita yang hanya sampai kepada yang tahu saja?

Berikut ini ada 8 inti manfaat buah jeruk untuk kesehatan hidup kita

1. Menurunkan resiko kanker di tubuh manusia

Begitu bermanfaatnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ya sahabat. Bagaimana tidak, buah jeruk ini juga ternyata memilik manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia yaitu bisa menurunkan resiko kanker. Buah jeruk mengandung limonoid yang membantu mencegah sel kanker muncul di kulit, paru-paru, payudara, perut hingga usus besar. Hal ini terkait dengan fungsi vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk yang melindungi sel - sel dari radikal bebas.

2. Bermanfaat untuk kecantikan atau kesehatan kulit

Nah ini adalah manfaat yang akan membuat ibu - ibu akan senang ketika rajin mengkonsumsi buah jeruk. Cantik itu tidak hanya dari kosmetik atau hal - hal lain yang bersifat bahan kimia, ternyata jeruk ini bisa membuat kulit semakin sehat dan terlindung dari kerusakan karena buah jeruk kaya vitamin C ini terkandung beta-karoten dan antioksidan. Apa fungsinya itu? Beta-karoten dan antioksidan bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Kesimpulannya adalah membuat kulit cantik dari dalam.

3. Bermanfaat untuk kesehatan jantung kita

Seperti yang sudah kita ketahui di awal tadi, buah jeruk ini mengandung antioksidan, jadi selain untuk kecantikan, antioksida berfungsi untuk yang berguna untuk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Ternyata oksidasi kolesterol ini menempel di bagian dalam arteri dan memperkecil suplai darah ke jantung sehingga hal ini yang menyebakan serangan jantung pada tubuh manusia. Fungsi dari antioksidan yang terdapat pada buah jeruk ini adalah menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung dari resiko serangan jantung, sahabat cuitan.

4. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Ternyata bukan hanya sariawan saja ya sahabat yang bisa di tolong menggunakan vitamin C dan ternyata hal ini juga berfungsi untuk tulang. Buah jeruk mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebenarnya apa fungsi vitamin C dalam hal ini? Vitamin C bisa membantu tubuh kita menyerap dengan cukup kalsium dan vitamin D secara lebih optimal.

5. Berfungsi untuk memperbaiki mood

Wah ternyata tidak hanya kesehatan tubuh saja yang bisa ditolong oleh buah jeruk ya. Memang apa yang bisa dilakukan oleh si buah orange ini? Kandungan folat yang terdapat pada buah jeruk ini bisa menghasilkan serotonin yang berfungsi untuk memberikan rangsangan kepada otak dalam hal perasaan senang. Hal terdapat pada penelitian yang menyatakan bahwa aroma buah jeruk bisa meningkatkan mood dan energi.

6. Berfungsi untuk mengontrol tekanan darah

Khasiat yang ke enam adalah buah jeruk bisa juga untuk mengontrol tekanan darah, bagaimana caranya? Kita bisa mengkonsumsi secara rutin buah jeruk ini sehingga tekanan darah akan terkontrol oleh senyawa yang terkandung di dalam buah jeruk yang bernama flavonoid yang disebut hesperidin.

7. Berguna untuk mengatasi sembelit ketika BAB

Fungsi yang tidak kalah penting dari buah jeruk ini berhubungan dengan sistem pengeluaran setelah makanan selesai dicerna yaitu BAB (Buang Air Besar). Mengapa jeruk bisa membantu mengatasi hal ini? Jeruk adalah salah satu dari banyak buah yang mengandung serat, nah serat ini yang bisa membantu mengatasi sembelit ketika BAB. Serat sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan ditubuh kita dan serat bisa kita dapatkan dari buah jeruk ini.

8. Berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit

Seperti yang kita ketahui bahwa buah jeruk adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini bisa merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Tentu saja sel darah putih yang diproduksi harus tetap terkontrol sahabat.

Baiklah teman - teman, ini adaah 8 khasita dari buah jeruk yang wajib sahabat dan saya sebagai penulis tahu. Mengapa jika saya dan sahabat tidak tahu akan manfaat - manfaat ini, niscaya kita akan malas untuk mengkonsumsi buah jeruk untuk kesehatan tubuh.

Teman - teman boleh share informasi ini ke siapa saja di facebook, twitter, dan media sosial lainnya supaya aak, teteh, ayah, ibu, teman - teman yang lain supaya kita semua tahu.

Salam sehat

No comments:

Post a Comment